JURUSAN/PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI DAN S1 MANAJEMEN
STIE INDONESIA KAYU TANGI BANJARMASIN
(STIEI KAYU TANGI) BANJARMASIN
Dosen Pengampu: Ahmad Jumirin Asyikin, email: ahmad_jumirin@yahoo.com
HP 0813 4949 0023, Fleksi; 0511-7350051
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA
BOBOT: 3 SKS
Jurusan/Program Studi | : | S1 Akuntansi dan S1 Manajemen |
Kode | : | MPK 1002 |
SKS | : | 3 SKS |
Semester | : | 1 (satu) Kurikulum 2010 |
Kantor | : | STIE Indonesia Kayu Tangi Banjarmasin. Jl. Brigjend. H. Hasan Basry 9-11 Banjarmasin 70123. Telepon: 0511-3304652 Faks: 0511-3305238. |
Waktu Konsultasi | : | Setiap hari kerja di kantor di luar jam kuliah (konfrimasi lebih dulu). |
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mempersiapkan tugas-tugas dan karya tulis atau tugas akhir (skripsi) yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Perkuliahan ini diutamakan menganalisis makalah dan skripsi mahasiswa senior jurusannya dari segi kebahasaan dan kaidah penulisan ilmiah yang menggunakan EYD. Akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menyusun karya tulis ataupun makalah (jurnal penelitian) dari skripsi mahasiswa yang dibahasnya.
Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia, diharapkan mahasiswa dapat:
- Memahami secara baik dan benar tentang EYD dan penerapannya dalam membuat surat menyurat resmi dan karya tulis ilmiah.
- Menyebutkjelaskan kaidah-kaidah EYD dan mengaplikasikannya dalam tugas-tugas yang diberikan.
- Membuat tulisan ilmiah dalam jurnal penelitian sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tata cara penulisan ilmiah yang berlaku di STIE Indonesia Kayu Tangi Banjarmasin.
Analisis Instruksional
Literatur
Literatur Utama : Arifin, E. Zaenal. 2000. Cermat Bahasa Indonesia. Jakarta.
Literatur Penunjang:
Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Penerbit Diksi Insan Mulia, Jakarta
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Penerbit Flores: Nusa Indah, Bandung
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.
Sujana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Disertasi. Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Diktat/Modul Bahasa Indonesia, 2010, STIE Indonesia Banjarmasin.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2009. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Penilaian
No. | Komponen | Bobot (%) | Konversi Nilai |
1. | Tugas (individu) dan atau kuis | 30 | A = 81 – 100 |
2. | Presentasi (kelompok) | 10 | B = 70 - < 80 |
3. | Partisipasi dan kehadiran | 10 | C = 55 - < 70 |
4. | UTS | 20 | D = 40 - < 55 |
5. | UAS | 30 | E < 40 |
Catatan: Mahasiswa yang tidak lengkap elemen penilaiannya dinyatakan tidak lulus. Dan mahasiswa yang terbukti berbuat curang (ngerpek) dinyatakan tidak lulus.
Kegiatan Perkuliahan
Tatap Muka ke- | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Metode Belajar | Tugas | Bentuk Instrumen | Acuan |
1 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia. | 1. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. 2. Mahasiswa dapat mengikuti skedul perkuliahan 3. Pemahaman terhadap sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia | 1. Sejarah dan Perkembangan bahasa Indonesia. 2. Kedudukan bahasa Indonesia. 3. Fungsi Bahasa Indonesia 4. Peristiwa penting dalam perkembangan bahasa Indonesia. | 1. Perkuliahan. 2. Diskusi 3. | 1. Mampu menjawab pertanyaan. 2. Aktif merespon materi diskusi.
| 1. Slide RPKPS. 2. Slide Aturan Perkuliahan. 3. Slide Presentasi. 4. Pengenalan beberapa website terkait dengan Bahasa Indonesia. 5. Pembentukan kelompok. 6. Akad kontrak kuliah. | 1. RPKPS. 2. Aturan Perkuliahan. 3. Buku Modul dan Buku Penunjang
|
2 | 1. Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang pentingnya bahasa. 2. Mampu memahami dan menjelaskan tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 1. Pemahaman terhadap pentingnya bahasa. 2. Pemahaman terhadap jenis dan ragam bahasa. 3. Pemahaman terhadap bahasa Indonesia yang baik dan benar. | 1. Pentingnya bahasa 2. Jenis-jenis ragam 3. Bahasa yang baik dan benar
| 1. Perkuliahan. 2. Diskusi. | Hasil pekerjaan rumah: Review artikel sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia.
| 1. Slide Presentasi. 2. Materi diskusi 3. Tampilan beberapa berita tentang perkembangan bahasa Indonesia | Buku Modul dan Buku Penunjang
|
3 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan berbagai ejaan yang pernah ada dan berlaku di Indonesia. | 1. Pemahaman terhadap ejaan. 2. Memahami perbedaan mendasar terhadap berbagai ejaan | 1. Pengertian ejaan. 2. Ejaan Van Ophijsen 3. Ejaan Soewandi 4. Ejaan Melindo 5. Ejaan bahasa yang disempurnakan 6. Ruang lingkup EYD | 1. Perkuliahan. 2. Diskusi. | 1. Mampu menjawab pertanyaan. 2. Aktif merespon materi diskusi. | 1. Slide Presentasi. Quis | Buku Modul dan Buku Penunjang
|
4 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami pengunaan EYD melalui kalimat dengan baik dan benar. | 1. Pemahaman huruf, vokal, konsonan dan diftong. 2. Pemahaman terhadap penggunaan kata, pemenggalan kata, huruf kapital, dan huruf miring 3. Pemahaman penggunaan kata dasar, turunan, dan bentuk ulang | Huruf yang dikenal di Indonesia Huruf Vokal, Konsonan dan diftong Huruf gabungan konsonan Pemenggalan kata Penggunaan kapital huruf miring. Kata dasar, turunan, bentuk ulang.
| 1. Perkuliahan. 2. Diskusi. | Hasil pekerjaan rumah: Jawaban Pelatihan | 1. Slide Presentasi. 2. Contoh beberapa tulisan (makalah)
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
5 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat. | Pemahaman penggunaan kata, singkatan, dan akronim | Gabungan kata ganti dan kata depan Kata “si dan “sang” dan partikel Singkatan dari akronim:
| 1. Perkuliahan. 2. Diskusi. | Hasil pekerjaan rumah: Membuat kalimat dengan EYD | 1. Slide Presentasi. 2. Teks KDPPLKS
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
6 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat. | Pemahaman penggunaan kata, singkatan, dan akronim dan mampu mengerjakan pelatihan secara benar | Gabungan kata ganti dan kata depan Kata “si dan “sang” dan partikel Singkatan dari akronim (lanjutan)
| 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Mengerjakan soal pelatihan dan pemilihan kata yang tepat. | Slide presentasi. Soal kasus Quis | Buku Modul dan Buku Penunjang
|
7 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat dan mengerjakan materi pelatihan secara benar. | Kemampuan menggunakan angka, lambang dan bilangan serta tanda baca dalam tugas dan karangan | 1. Angka lambang dan bilangan. 2. Unsur serapan 3. Tanda baca
| 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review jawaban pelatihan | Slide presentasi. Soal kasus transaksi dengan akad mudharabah
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
UJIAN TENGAH SEMESTER | |||||||
8 | Mampu menyebutjelaskan bentuk dan makna kata dan mengerjakan pelatihan secara benar. | Kemampuan memahami bentuk dan makna, fonem, morfem, jenis kata, frasa dan perubahan makna | 1. Pengertian bentuk dan makna. 2. Fonem 3. Morfem 4. Jenis-jenis kata 5. Frasa 6. Perubahan makna | 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Mengerjakan pelatihan | Slide presentasi. Soal kasus transaksi dengan akad musyarakah
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
9 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya pemilihan kata. | Memahami makna diksi, gaya bahasa dan idiom secara benar | 1. Pengertian diksi 2. Syarat ketetapan diksi 3. gaya bahasa dan idiom | 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi. Quis | Buku Modul dan Buku Penunjang
|
10 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami penting makna kalimat | 1. Kemampuan menyusun kalimat, pola kalimat, jenis dan fungsi. 2. Kemampuan membuat kalimat efektif dalam karangan | 1. Pengertian dan unsur –unsur kalimat, 2. Pola kalimat dasar 3. Jenis kalimat dan fungsinya 4. Kalimat efektif | 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi.
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
11 | Mahasiswa diharapkan menyusun alinea dengan baik dan benar dalam mengungkapkan suatu ide/gagasan. | 1. Kemampuan menyusun alinea. 2. Kemampuan membuat struktur alinea dan jenis-jenis alinea | 1. Pengertian Alinea 2. Struktur Alinea 3. Persyaratan Alinea 4. Jenis-jenis Alinea | 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi.
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
12 | Mahasiswa mampu memahami surat menyurat dan menuliskannya secara benar pada pelatihan soal. | Kemampuan untuk menulis surat menyurat resmi dalam Bahasa Indonesia | Surat menyurat resmi dalam Bahasa Indonesia | 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi.
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
13 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami manfaat kerangka karangan untuk dikembangkan dalam bentuk karangan | Mampu untuk membuat topik, tema dan judul karangan. | Topik, Tema, dan judul karangan
| 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi.
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
14-15 | Mahasiswa diharapkan mampu membuat karangan, sesuai dengan karangan ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD | Mampu membuat tulisan/karangan ilmiah seuai dengan topik, tema dan judul. Berdasarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD. | Topik, Tema, dan judul karangan ilmiah
| 1. Kuliah. 2. Diskusi | Hasil pekerjaan rumah: Review dan diskusi materi | Slide presentasi.
| Buku Modul dan Buku Penunjang
|
16 | UJIAN AKHIR SEMESTER |
Komitmen dan Pernyataan Perkuliahan:
Bahwa kami akan melaksanakan perkuliahan ini secara konsisten sesuai dengan peraturan dan akademik yang berlaku. Selanjutnya kami akan selalu menjunjung tinggi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku, menjalankan secara profesional dan bertanggungjawab segala hak dan kewajiban secara seimbang, transparan, jujur, dan konsisten. Dan kami bersedia untuk melaksanakan rencana perkuliahan sesuai dengan yang tersebut di atas.
| ||
Banjarmasin, 07 September 2011
| ||
Dosen Pengampu:
Drs. Ahmad Jumirin Asyikin, M.Si., Ak. | Perwakilan Mahasiswa: | Petugas Bagian Pengajaran:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar