Jumat, 30 September 2011

RPKPS Bahasa Indonesia

JURUSAN/PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI DAN S1 MANAJEMEN

STIE INDONESIA KAYU TANGI BANJARMASIN

(STIEI KAYU TANGI) BANJARMASIN

Dosen Pengampu: Ahmad Jumirin Asyikin, email: ahmad_jumirin@yahoo.com

HP 0813 4949 0023, Fleksi; 0511-7350051

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA

BOBOT: 3 SKS

Jurusan/Program Studi

:

S1 Akuntansi dan S1 Manajemen

Kode

:

MPK 1002

SKS

:

3 SKS

Semester

:

1 (satu) Kurikulum 2010

Kantor

:

STIE Indonesia Kayu Tangi Banjarmasin.

Jl. Brigjend. H. Hasan Basry 9-11 Banjarmasin 70123.

Telepon: 0511-3304652 Faks: 0511-3305238.

Waktu Konsultasi

:

Setiap hari kerja di kantor di luar jam kuliah

(konfrimasi lebih dulu).

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mempersiapkan tugas-tugas dan karya tulis atau tugas akhir (skripsi) yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Perkuliahan ini diutamakan menganalisis makalah dan skripsi mahasiswa senior jurusannya dari segi kebahasaan dan kaidah penulisan ilmiah yang menggunakan EYD. Akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menyusun karya tulis ataupun makalah (jurnal penelitian) dari skripsi mahasiswa yang dibahasnya.

Kompetensi Mata Kuliah

Setelah mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia, diharapkan mahasiswa dapat:

  1. Memahami secara baik dan benar tentang EYD dan penerapannya dalam membuat surat menyurat resmi dan karya tulis ilmiah.
  2. Menyebutkjelaskan kaidah-kaidah EYD dan mengaplikasikannya dalam tugas-tugas yang diberikan.
  3. Membuat tulisan ilmiah dalam jurnal penelitian sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tata cara penulisan ilmiah yang berlaku di STIE Indonesia Kayu Tangi Banjarmasin.

Analisis Instruksional

Literatur

Literatur Utama : Arifin, E. Zaenal. 2000. Cermat Bahasa Indonesia. Jakarta.

Literatur Penunjang:

Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Penerbit Diksi Insan Mulia, Jakarta

Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Penerbit Flores: Nusa Indah, Bandung

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Sujana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Disertasi. Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Diktat/Modul Bahasa Indonesia, 2010, STIE Indonesia Banjarmasin.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2009. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Penilaian

No.

Komponen

Bobot (%)

Konversi Nilai

1.

Tugas (individu) dan atau kuis

30

A = 81 – 100

2.

Presentasi (kelompok)

10

B = 70 - < 80

3.

Partisipasi dan kehadiran

10

C = 55 - < 70

4.

UTS

20

D = 40 - < 55

5.

UAS

30

E < 40

Catatan: Mahasiswa yang tidak lengkap elemen penilaiannya dinyatakan tidak lulus. Dan mahasiswa yang terbukti berbuat curang (ngerpek) dinyatakan tidak lulus.


Kegiatan Perkuliahan

Tatap Muka ke-

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Metode Belajar

Tugas

Bentuk Instrumen

Acuan

1

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia.

1. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri.

2. Mahasiswa dapat mengikuti skedul perkuliahan

3. Pemahaman terhadap sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia

1. Sejarah dan Perkembangan bahasa Indonesia.

2. Kedudukan bahasa Indonesia.

3. Fungsi Bahasa Indonesia

4. Peristiwa penting dalam perkembangan bahasa Indonesia.

1. Perkuliahan.

2. Diskusi

3.

1. Mampu menjawab pertanyaan.

2. Aktif merespon materi diskusi.

1. Slide RPKPS.

2. Slide Aturan Perkuliahan.

3. Slide Presentasi.

4. Pengenalan beberapa website terkait dengan Bahasa Indonesia.

5. Pembentukan kelompok.

6. Akad kontrak kuliah.

1. RPKPS.

2. Aturan Perkuliahan.

3. Buku Modul dan Buku Penunjang

2

1. Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang pentingnya bahasa.

2. Mampu memahami dan menjelaskan tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Pemahaman terhadap pentingnya bahasa.

2. Pemahaman terhadap jenis dan ragam bahasa.

3. Pemahaman terhadap bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Pentingnya bahasa

2. Jenis-jenis ragam

3. Bahasa yang baik dan benar

1. Perkuliahan.

2. Diskusi.

Hasil pekerjaan rumah:

Review artikel sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia.

1. Slide Presentasi.

2. Materi diskusi

3. Tampilan beberapa berita tentang perkembangan bahasa Indonesia

Buku Modul dan Buku Penunjang

3

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan berbagai ejaan yang pernah ada dan berlaku di Indonesia.

1. Pemahaman terhadap ejaan.

2. Memahami perbedaan mendasar terhadap berbagai ejaan

1. Pengertian ejaan.

2. Ejaan Van Ophijsen

3. Ejaan Soewandi

4. Ejaan Melindo

5. Ejaan bahasa yang disempurnakan

6. Ruang lingkup EYD

1. Perkuliahan.

2. Diskusi.

1. Mampu menjawab pertanyaan.

2. Aktif merespon materi diskusi.

1. Slide Presentasi.

Quis

Buku Modul dan Buku Penunjang

4

Mahasiswa diharapkan dapat memahami pengunaan EYD melalui kalimat dengan baik dan benar.

1. Pemahaman huruf, vokal, konsonan dan diftong.

2. Pemahaman terhadap penggunaan kata, pemenggalan kata, huruf kapital, dan huruf miring

3. Pemahaman penggunaan kata dasar, turunan, dan bentuk ulang

Huruf yang dikenal di Indonesia

Huruf Vokal, Konsonan dan diftong

Huruf gabungan konsonan

Pemenggalan kata

Penggunaan kapital huruf miring.

Kata dasar, turunan, bentuk ulang.

1. Perkuliahan.

2. Diskusi.

Hasil pekerjaan rumah:

Jawaban Pelatihan

1. Slide Presentasi.

2. Contoh beberapa tulisan (makalah)

Buku Modul dan Buku Penunjang

5

Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat.

Pemahaman penggunaan kata, singkatan, dan akronim

Gabungan kata ganti dan kata depan

Kata “si dan “sang” dan partikel

Singkatan dari akronim:

1. Perkuliahan.

2. Diskusi.

Hasil pekerjaan rumah:

Membuat kalimat dengan EYD

1. Slide Presentasi.

2. Teks KDPPLKS

Buku Modul dan Buku Penunjang

6

Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat.

Pemahaman penggunaan kata, singkatan, dan akronim dan mampu mengerjakan pelatihan secara benar

Gabungan kata ganti dan kata depan

Kata “si dan “sang” dan partikel

Singkatan dari akronim (lanjutan)

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Mengerjakan soal pelatihan dan pemilihan kata yang tepat.

Slide presentasi.

Soal kasus

Quis

Buku Modul dan Buku Penunjang

7

Mahasiswa diharapkan dapat memahami penulisan kata secara benar dan tepat dan mengerjakan materi pelatihan secara benar.

Kemampuan menggunakan angka, lambang dan bilangan serta tanda baca dalam tugas dan karangan

1. Angka lambang dan bilangan.

2. Unsur serapan

3. Tanda baca

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review jawaban pelatihan

Slide presentasi.

Soal kasus transaksi dengan akad mudharabah

Buku Modul dan Buku Penunjang

UJIAN TENGAH SEMESTER

8

Mampu menyebutjelaskan bentuk dan makna kata dan mengerjakan pelatihan secara benar.

Kemampuan memahami bentuk dan makna, fonem, morfem, jenis kata, frasa dan perubahan makna

1. Pengertian bentuk dan makna.

2. Fonem

3. Morfem

4. Jenis-jenis kata

5. Frasa

6. Perubahan makna

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Mengerjakan pelatihan

Slide presentasi.

Soal kasus transaksi dengan akad musyarakah

Buku Modul dan Buku Penunjang


9

Mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya pemilihan kata.

Memahami makna diksi, gaya bahasa dan idiom secara benar

1. Pengertian diksi

2. Syarat ketetapan diksi

3. gaya bahasa dan idiom

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Quis

Buku Modul dan Buku Penunjang

10

Mahasiswa diharapkan dapat memahami penting makna kalimat

1. Kemampuan menyusun kalimat, pola kalimat, jenis dan fungsi.

2. Kemampuan membuat kalimat efektif dalam karangan

1. Pengertian dan unsur –unsur kalimat,

2. Pola kalimat dasar

3. Jenis kalimat dan fungsinya

4. Kalimat efektif

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Buku Modul dan Buku Penunjang

11

Mahasiswa diharapkan menyusun alinea dengan baik dan benar dalam mengungkapkan suatu ide/gagasan.

1. Kemampuan menyusun alinea.

2. Kemampuan membuat struktur alinea dan jenis-jenis alinea

1. Pengertian Alinea

2. Struktur Alinea

3. Persyaratan Alinea

4. Jenis-jenis Alinea

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Buku Modul dan Buku Penunjang

12

Mahasiswa mampu memahami surat menyurat dan menuliskannya secara benar pada pelatihan soal.

Kemampuan untuk menulis surat menyurat resmi dalam Bahasa Indonesia

Surat menyurat resmi dalam Bahasa Indonesia

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Buku Modul dan Buku Penunjang

13

Mahasiswa diharapkan mampu memahami manfaat kerangka karangan untuk dikembangkan dalam bentuk karangan

Mampu untuk membuat topik, tema dan judul karangan.

Topik, Tema, dan judul karangan

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Buku Modul dan Buku Penunjang

14-15

Mahasiswa diharapkan mampu membuat karangan, sesuai dengan karangan ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD

Mampu membuat tulisan/karangan ilmiah seuai dengan topik, tema dan judul. Berdasarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD.

Topik, Tema, dan judul karangan ilmiah

1. Kuliah.

2. Diskusi

Hasil pekerjaan rumah:

Review dan diskusi materi

Slide presentasi.

Buku Modul dan Buku Penunjang

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Komitmen dan Pernyataan Perkuliahan:

Bahwa kami akan melaksanakan perkuliahan ini secara konsisten sesuai dengan peraturan dan akademik yang berlaku. Selanjutnya kami akan selalu menjunjung tinggi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku, menjalankan secara profesional dan bertanggungjawab segala hak dan kewajiban secara seimbang, transparan, jujur, dan konsisten.

Dan kami bersedia untuk melaksanakan rencana perkuliahan sesuai dengan yang tersebut di atas.

Banjarmasin, 07 September 2011

Dosen Pengampu:

Drs. Ahmad Jumirin Asyikin, M.Si., Ak.

Perwakilan Mahasiswa:

Petugas Bagian Pengajaran:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar